Medan-andalas Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melalui UPT Perpustakaan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musyawarah Wilayah (Muswil) dan Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (FPPTMA) Korwil Sumut-Aceh, kemarin.

Muswil dan Rakor dihadiri 17 peserta  perwakilan 8 PTM Korwil Aceh. Adapun perwakilan yang hadir UPT Perpustakaan UMSU (7 peserta), Universitas Muhammadiyah Aceh (2 peserta), Universitas Muhammadiyah Tapsel (1 peserta), Stikes Muhammadiyah Aceh (1 peserta), Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Muhammadiyah Asahan (2 peserta), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Asahan (1 peserta), Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Sibolga (2 peserta), Stikes Muhammadiyah Lhokseumawe (1 peserta).

Turut hadir memberi sambutan Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PW Muhammadiyah Sumut, Syaiful Hadi. Rektor UMSU diwakili Wakil Rektor II, Dr Akrim, MPd mengatakan, Muswil dan Rakor agenda penting memikirkan dan mengembangkan perpustakaan. UMSU secara perlahan terus mengembangkan meski sesungguhnya perkembangan teknologi informasi sudah mengalihkan perhatian kepada beberapa akses dimiliki untuk mempermudah siapa saja membaca.

“Kita masih membutuhkan pengunjung perpustakaan yang banyak tapi tidak harus datang. Kita harus menyiapkan satu sistem dimana orang kapan dan dimana siapa saja bisa membaca. Maka akses harus disiapkan dan mendorong semua mahasiswa muhammadiyah masing-masing memiliki sistem akses yang baik,” katanya.

Dia  menjelaskan, kini UMSU telah mengembangkan sistem perpustakaan terintegrasi dari tiga kampus seperti Kampus Pascasarjana Jalan Denai, Kampus Fakultas Kedokteran Jalan Gedung Arca dan Kampus Utama Jalan Muktar Basri.

“Semua perpustakaan menjadi satu kesatuan sistem, tidak bisa dipisahkan. Untuk mengakses semua koleksi dibuat sistem, dikembangkan peralihan hardcopy menjadi ebook yakni pengembangan perpustakaan digital. Semua demi mengatasi keterbatasan tempat,” katanya.

Sementara Syaiful Hadi mengatakan, semangat literasi harus terus ditumbuhkan di kalangan warga Muhammadiyah karena merupakan amanah terkandung dalam Alquran yakni perintah Iqra.

Ia berharap kampus harus menjadi peningkatan kajian-kajian keilmuan. “Saya harap pertemuan ini menghasilkan keputusan dan ide cemerlang dapat dibawah kegiatan tingkat nasional,” harapnya.

Pada Muswil dan Rakor juga dilakukan penandatangan kerja sama UPT Perpustakaan UMSU dengan semua perwakilan FPPTMA Korwil Sumut-Aceh dan antarpeserta lain difasilitasi UPT Perpustakaan UMSU.

Acara diakhiri foto bersama dan library tour ke Perpustakaan Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Observatorium Ilmu Falaq (OIF) UMSU. Pada acara ini terpilih Kepala UPT Perpustakaan UMSU Muhammad Arifin SPd MPd sebagai Ketua Korwil FPPTMA Sumut-Aceh. (HAM). (harianandalas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.